Begini Langkah-Langkah  Mengajukan Kredit Rumah KPR di Depok dan Prosesnya

RumahJabodetabek.id Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Rumah berfungsi sebagai tempat tinggal manusia, sekaligus tempat berlindung dari hujan dan panas. Oleh karena itu memiliki rumah menjadi salah satu kebutuhan, terutama bagi mereka yang memiliki keluarga atau sudah berkeluarga.

     Sekarang ini membeli rumah tidak harus dilakukan secara tunai, namun ada juga yang dilakukan secara kredit yang memudahkan seseorang untuk mendapatkan  rumah idaman mereka. Jika anda tertarik membeli rumah secara kredit, sebaiknya anda mencari tahu terlebih dahulu berapa harga rumah, tipe rumah seperti apa yang anda cari dan juga berapa harga rumah tersebut,

     Memilih rumah harus memperhatikan beberapa faktor. Mulai dari kualitas bangunannya, letak rumah yang strategis dan memudahkan anda ke mana saja, juga lingkungan sekitar rumah yang membuat anda  betah untuk tinggal di sana.

     Misalnya ada ingin membeli rumah di daerah Depok, anda bisa membeli rumah dengan dua cara. Pertama membeli rumah secara tunai, atau mengajukan kredit rumah KPR di Depok. Untuk dapat mengajukan kredit rumah KPR, ada beberapa langkah yang harus anda ketahui. Mulai dari cara memilih rumah yang baik, menyesuaikan budget anda dengan rumah yang anda pilih, dan juga biaya lainnya saat mengajukan kredit.

Memilih Rumah yang Sesuai untuk Kredit KPR

     Kredit KPR atau Kredit Perumahan Rakyat bisa menjadi salah satu alternatif anda dalam membeli rumah. Membeli rumah secara tunai tentunya akan sulit jika anda tidak memiliki uang yang cukup. Sementara kebutuhan anda akan tempat  tinggal merupakan salah satu kebutuhan yang mendesak.

     Lalu bagaimana jika sekarang ingin membeli rumah namun uang anda tidak cukup? KPR menjadi salah satu solusi. Jadianda bisa mengajukan kredit KPR di bank terdekat. Misalnya, anda ingin membeli rumah KPR di Depok dengan cara kredit, maka anda harus mencari bank  yang menyediakan kredit KPR di Depok.

     Selain itu beberapa langkah ini yang harus anda ambil untuk mengajukan kredit rumah KPR.

1.  Mencari Bank  yang Menyediakan Kredit KPR

Tidak semua bank menyediakan layanan kredit KPR. Terlebih di setiap daerah Bank menyediakan layanan  yang berbeda. Sebelum anda menentukan pilihan rumah impian tersebut, ada baiknya anda datang ke bank yang menyediakan kredit rumah KPR dengan bunga yang ringan bagi anda. Juga dapat menanyakan syarat apa saja yang harus anda penuhi sebelum mengambil layanan dari bank. Tidak lupa berapa besar bunga yang harus anda bayarkan selama proses kredit rumah yang diinginkan.

2.  Mencari Rumah Yang anda Inginkan dan sesuai dengan Kredit KPR

Setelah anda menemukan bank yang memberikan layanan kredit KPR, maka selanjutnya anda harus memilih rumah yang diinginkan dan sesuai dengan kredit KPR. Tidak semua rumah dapat masuk krieria untuk diajukan kredit KPR ini. Oleh karena itu anda bisa mencari rumah yang sesuai dengan kredit KPR melalui iklan, koran, maupun televisi. Pilihlah rumah yang  memiliki kualitas yang bagus, selain itu harga yang terjangkau dan sesuai dengan keuangan anda.

3.  Perhatikan Detail Megenai Rumah Pilihan Anda

Tidak hanya dari segi rumah dan kualitas rumah tersebut, anda juga harus menanyakan berapa biaya cicilan rumah tersebut per bulan. Berapa bunga yang harus anda bayarkan?  Denah dan desain yang akan dipilih seperti apa? serta lokasi yang dapat mempermudah anda  beraktivitas.

Jangan sampai setelah anda memilih tipe rumah yang sesuai keinginan, ternyata anda kewalahan mencicil biaya kredit rumah tersebut.Oleh karena itu saat anda mengambil kredit KPR ambillah rumah yang sesuai dengan kemampuan anda membayarnya. Selain itu pasikan juga fasilitas rumah yang dibutuhkan seperti kamar mandi, dapur, dan lain sebagainya juga tersedia.

4.  Melakukan Pembayaran Tanda jadi

Sebelum anda melakukan pembayaran kredit rumah anda, maka anda akan dikenakan biaya tanda jadi oleh developer atau penyedia rumah KPR anda. Jikan anda ingin membeli rumah KPR di Depok maka anda harus membayar tanda jadi semacam tanda bahwa anda memesan rumah tersebut.

Kenapa anda harus membayar tanda jadi? Karena jika anda tidak membayar tanda jadi, para developer bisa saja memberikan rumah yang anda inginkan kepada orang lain. pembayaran tanda jadi sama saja dengan tanda pemesanan rumah KPR yang anda inginkan.

5.  Melakukan Pembayaran Uang Muka

Beberapa bank menawarkan kredit rumah KPR tanpa uang muka, namun ada juga bank yang menawarkan layanan kredit KPR dan anda harus terlebih dahulu membayar uang muka secara tunai.

Oleh karena itu sebeleum anda melalukan pengajuan kredit, anda juga harus mempersiapkan biaya atau tabungan sebagai pembayaran uang muka ke bank. Besarnya uang muka ini pun juga berbeda antara satu bank yang satu dengan bank yang lain.

6.  Mengajukan Kredit KPR ke Bank

Setelah anda memeriksa dengan baik beberapa proses di atas. Maka anda bisa mengajukan kredit rumah KPR di bank. Jika rumah yang anda pilih developernya tidak menjadi partner dari bank yang anda pilih, maka anda diharuskan mengajukan kredit rumah KPR sendiri.

Pengajuan kredit rumah anda ke bank tidak selalu dapat disetujui karena sebelum menerima permintaan kredit rumah, maka bank akan melakukan survey tentang pekerjaan anda. Biasanya sebagai salah satu syarat dalam  mengajukan kredit bank akan meminta slip gaji anda tiga bulan terakhir. Keseimbangan finansial anda juga menjadi salah satu bahan pertimbangan bank dalam menerima pengajuan kredit rumah seseorang. Terlebih ini mengenai kredit rumah yang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Besarnya biaya kredit rumah yang harus anda bayarkan per bulan berbeda-beda, biasanya bank memperbolehkan anda membayar 30-40 persen dari gaji yang diterima. Kredit rumah yang anda ambil sebaiknya sesuai dengan keuangan saja. Pastikan anda juga bisa membagi gaji dengan baik termasuk untuk melakukan kredit rumah anda ini. Jangan sampai kredit rumah kelak macet di tengah jalan.

Alangkah baiknya jika memilih rumah KPR dengan harga yang terjangkau dan lokasi yang strategis dengan kantor maupun tempat anda bekerja. Sehingga anda tidak membuang waktu di jalan. Sebelum anda mengambil kredit rumah ini ada baiknya hal ini didiskusikan terlebih dahulu rumah yang anda inginkan dengan keluarga maupun orang terdekat anda. Atau jika anda masih bingung dengan tipe rumah yang akan dipilih, maka bisa meminta rekomendasi dari rekan, sahabat maupun orang terdekat anda.

Pengajuan kredit rumah KPR di Depok atau di daerah lain tidaklah terlalu sulit. Anda hanya harus mengikuti persyaratan dari bank dan juga memenuhi syarat yang diajukan, lalu bank akan meninjau apakah pengajuan anda diterima atau tidak. Jika syarat anda terpenuhi maka kemungkinan pengajuan kredit anda diterima, sehingga rumah idaman pun bisa segera dimiliki.

0 Komentar