RumahJabodetabek.id. Memiliki hunian yang layak dan aman adalah salah satu kebutuhan primer manusia, terutama bagi yang sudah memiliki keluarga. Hanya saja harga rumah dan tanah melambung tinggi dari hari ke hari, walau begitu selalu ada jalan bagi anda yang ingin berusaha. Membeli rumah bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti menyicil ataupun dengan cash alias membayar lunas, bisa juga membangunnya sedikit demi sedikit sesuai dengan uang yang dimiliki saat itu.

Salah satu solusi untuk mendapatkan rumah yang nyaman dan dalam waktu yang cepat, adalah dengan membeli rumah murah. Meskipun disebut sebagai rumah murah, namun desainnya tak kalah dengan rumah-rumah dengan harga mahal di luaran sana. Sebagai contoh bisa dilihat model dan desain rumah murah di Depok, atau di kota lain sekitar anda.

Berikut ini adalah beberapa tipe rumah murah yang ada di berbagai kota, yang paling banyak digunakan dan bisa jadi referensi anda untuk membeli hunian nyaman. Silahkan disimak :

BACA JUGA :

Daftar Perumahan di Depok yang Strategis dan Menguntungkan

Tipe-Tipe Rumah Murah di Depok

Informasi Lengkap Cara Memilih Cluster Exclusive di Depok

  1. Rumah tipe 21

Untuk Indonesia sendiri, biasanya para developer lebih suka membedakan rumah-rumah dengan berdasarkan dari luas bangunannya itu sendiri. Sebagai contoh rumah murah tipe 21, dengan luas bangunannya seluas 21 meter persegi. Adapun panjang dan juga lebar bangunannya itu sendiri bisa beragam-ragam, yang jelas saat dihitung menjadi 21 meter persegi, contoh 6 x 3,5 yang dibangun sedemikian rupa menjadi rumah 21 meter persegi.

Umumnya model rumah tipe 21 ini dibangun menjadi 1 kamar tidur untuk berdua, ada satu ruang tamu juga yang langsung dihubungkan dengan dapur, serta ada satu kamar mandi. Cocok sekali untuk bujangan, atau untuk keluarga yang belum memiliki buah hati.

  • Rumah tipe 36

Sama seperti rumah tipe 21, prinsip yang sama dengan model rumah tipe 36, luasnya 36 meter persegi. Hanya saja perbedaan dari rumah tipe 21 adalah ada dua kamar tidur, juga ruang tamunya juga lebih luas dibanding tipe sebelumnya. Paling umum di Indonesia adalah rumah tipe 36 yang paling banyak laris di berbagai perumahan.

  • Rumah tipe 45

Jika anda merupakan keluarga kecil dengan satu atau dua orang anak, maka rumah murah tipe 45 ini adalah pilihan yang paling tepat. Model rumah ini adalah pilihan tepat untuk keluarga dengan satu atau dua anak yang masih kecil, sehingga bisa satu kamar untuk dua anak. Bisa juga mengatur ruangan yang ada sedemikian rupa untuk dijadikan dua kamar tidur kecil. Biasanya di bagian depan ada teras, bisa juga dijadikan garasi dan di bagian belakang juga ada lahan untuk taman kecil.

Kemudian ruang keluarga dan ruang makan dibuat terpisah, ada juga di belakang dapur kecil yang nyaman untuk digunakan. Selain variasi tersebut, ada juga rumah tipe 45 dengan tiga kamar tidur, namun tanpa halaman bagian belakangnya.

  • Rumah tipe 54

Jika ingin rumah yang terbilang luas dan lega, maka anda bisa memilih rumah tipe 54. Berbagai perumahan di kota-kota besar juga mengandalkan rumah tipe ini untuk yang mencari rumah luas. Rumah murah di Depok, atau di kota-kota besar lainnya juga laris di tipe ini. Rumah dengan luas 54 meter persegi ini umumnya dibangun menjadi dua lantai, juga ada dua kamar tidur di lantai satu, dan ada juga kamar tidur yang ada di lantai atas. Di lantai dua juga ada ruangan yang bisa digunakan sebagai ruang tamu ekstra.

Walaupun terbilang cukup luas dan besar, namun ternyata dari segi harga masih terbilang murah. Itulah mengapa banyak orang yang suka dengan rumah tipe ini.

  • Rumah tipe 60

Cocok sekali bagi yang ingin memiliki rumah yang berkesan mewah, namun dengan harga yang masih affordable, maka rumah tipe 60 bisa menjadi pilihan anda. Di dalam bangunan yang luasnya 60 meter persegi ini memang lebih luas dibanding tipe 54, terdiri atas dua lantai, di mana 4 kamar tidur yang nyaman dan juga ada 3 kamar mandi, selain itu ada teras di bagian belakang rumah yang terbilang lebih luas sehingga lebih nyaman untuk bersantai.

  • Rumah tipe 120

Memiliki hunian yang mewah menjadi kebutuhan untuk beberapa orang, tetapi dengan harga yang melambung akhirnya banyak yang mengurungkan niat. Tetapi dengan rumah tipe 120 ini, anda bisa mendapatkan hunian mewah dengan harga yang miring. Jika dilihat secara umum, setidaknya 3 hingga 4 kamar tidur tersedia, ada 3 kamar mandi, dan ruangan dapur yang terpisah, juga ruangan makan. Ada halaman belakang dan carport yang cukup untuk dua mobil.

  • Rumah tipe modular

Belakangan ini sedang populer sekali rumah persegi panjang yang mungil dan mampu dibangun hanya dalam jangka waktu 3 bulan saja, dan tipe rumah yang satu ini dikenal sebagai modular. Yang membuat rumah ini lebih unggul adalah sisi fleksibilitas desainnya dan juga lebih fleksibel pilihan materialnya. Bahkan setidaknya daya tahan rumah ini mencapai 60 tahun, lho!

Untuk harga dari  model rumah tipe modular ini terhangkau, hanya saja yang disayangkan adalah beberapa bagian dari rumah ini cukup sulit saat dilakukan pengiriman sehingga banyak membuat orang urung memilih rumah ini.

  • Tipe kontainer

Jika dilihat dari ilmu arsitektur, rumah yang dibangun dengan bahan kontainer ini dikenal sebagai cargotecture, walau merupakan bahan daur ulang, namun memiliki desain elegan dan fleksibilitas yang tinggi juga sangat ekonomis. Desain rumah kontainer yang unik ini sangat ramah lingkungan, dan pembangunannya juga cepat lho, jumlah ruangannya bisa dibangun sesuai dengan keinginan anda masing-masing.

  • Tipe trailer

Ada yang suka menonton film Hollywood? Pastinya sudah tak asing dengan mobil trailer dengan kabin kecil yang berisi rumah mungil? Di mana isinya ada tempat tidur, kamar mandi dan juga dapur yang mungil. Bagi anda yang berjiwa petualang, serta ingin tampil lain daripada yang lain, maka bisa mencoba rumah sederhana tipe trailer ini.

  1. Tipe conch house

Tipe rumah yang satu ini terbilang populer di negara Paman Sam, dan pada umumnya rumah dibangun dengan mayoritas menggunakan kayu. Berbentuk persegi dengan dua lantai yang nyaman. Yang unik dari rumah kayu ini adalah lantainya yang tidak langsung menyentuh tanah, sehingga saat cuaca panas menjadi lebih dingin dan nyaman, karena sirkulasi udara yang bagus, persis seperti rumah panggung di Indonesia.

Itulah dia berbagai tipe-tipe rumah murah yang bisa dipilih, anda bisa mencari yang paling sesuai dengan kebutuhan dan juga biaya yang dimiliki. Sebelum memutuskan rumah yang akan dibeli, pastikan anda juga melakukan survey terlebih dahulu, contohnya jika anda di Depok, pilih rumah murah di Depok yang terjangkau, serta mudah diakses.

0 Komentar